Tayangan TV yang baik untuk Anak

Apa saja yang dilakukan anak anda dalam menghabiskan kesehariannya? Jika menonton TV adalah salah satu pilihan yang dia gemari, maka sejak dini kenali-lah tayangan-tayangan yang tepat untuk anak anda.

Tidak semua tayangan tepat untuk anak, khususnya anak yang mulai beranjak menyimpulkan sesuatu dalam fikirannya. Sebelum anda memilih dan memilah tayangan yang tepat untuk anak anda, ada baiknya anda mengenali tayangan-tayangan apa saja yang mereka sukai.

Anak-anak akan lebih sering terpaku pada gambar-gambar yang unik, suara yang lucu, seperti Film-Film animasi, lagu-lagu yang bertemakan hiburan, hewan-hewan, dan pemandangan alam.
Namun, sebelum anda mengijinkan anak anda untuk mengikuti semua tayangan menarik diatas, pastikan anda telah mengetahui bahwa tidak semua tayangan mengandung unsur yang berpengaruh positif pada anak.
Seperti pada Film-Film animasi misalnya, kecendrungan pola pikir masyarakat luas yang menganggap remeh pesan yang tersirat pada Film-Film animasi yang bisa dikatakan hanyalah sebatas menganggapnya sebagai sesutu yang lucu saja, bisa menimbulkan dampak negatif pada para anak sebagai penikmat nomor satu tayangan ini. Kurangnya ketelitian para orang tua dalam memperhatikan cerita-cerita yang terkandung dalam film animasi dan juga model gambar ataupun tokoh yang dianimasikan dalam film tersebut, membuat para anak bisa saja mendapati unsur negatif seperti : kekerasan, pornografi, permusuhan, dan segenap unsur negatif lainnya. Hal ini tentu saja akan membentuk pola pikir tersendiri pada anak-anak yang seringkali secara bebas menyaksikan tayangan-tanyangan tersebut.

Peran orang tua sangatlah vital, agar sejak dini mampu memperkenalkan setiap tayangan yang baik untuk anaknya. Banyak hal yang bisa anda sebagai orang tua lakukan untuk ini, seperti memanfaatkan waktu luang anda menemani sang buah buah hati menonton tayangan tv, sembari mengajarkan ataukah mengingatkan para buah hati anda akan hal-hal positif yang terkandung dalam tayangan tersebut.
Dan juga peran KPI dalam membangun koordinasi tepat dengan segenap pihak penyiaran terkait agar bisa memberikan tayangan yang sehat,cerdas dan membangun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *