Waspada Mesin Video Game Bekas Dijual Baru (Refurbish) dan Aksesoris Palsu/Bajakan

Pada saat sekarang ini di indonesia banyak beredar mesin-mesin video game bekas yang disulap ulang sehingga tampak seperti baru kembali (refurbish). Pada dasarnya mesin video game bekas diberi tampilan baru atau hanya dibersihkan saja dengan perbaikan seadanya lalu dijual kembali dalam kemasan palsu, sehingga akan tampak barang baru bagi yang awam mengenai dunia refurbished. Tidak hanya pada dunia game saja, namun juga pada barang elektronik lainnya seperti televisi, handphone, dll.

Jika penjual jujur menjelaskan kondisi barang refurbisnya dan pembeli sadar serta tahu resiko-resiko dari membeli barangnya, maka jual beli barang refurbis sah tidak termasuk tipu-menipu. Akan tetapi jika barang bajakan dibilang original atau barang refurbish dibilang baru, maka hal ini masuk dalam tindakan kriminal. Oleh karena itu para gamers harus berhati-hati sebelum membeli mesin video games dan aksesori-aksesori video game. Harga yang mahal tidak menjamin barang yang akan kita beli adalah barang asli atau baru. Harga yang murah juga belum tentu palsu atau bekas.

Para gamers indonesia diharapkan sebelum membeli sesuatu yang berhubungan dengan video game, baik mesin, kontrol stick, kabel, adaptor, game, dan lain sebagainya untuk melakukan survey terlebih dahulu di internet. Pahami perbedaan mana barang asli dan barang palsu, mana barang modifikasi barang bekas (refurbished) dan mana yang baru asli pabrik. Semua tergantung kita mau beli barang bagus atau barang yang kualitasnya tidak jelas. Jika dana anggaran kita terbatas, namun ada barang bajakan atau refurbish berkualitas tinggi dengan harga yang sangat murah, maka jika kita siap dengan resiko-resikonya maka boleh-boleh saja kita beli.

Membeli barang palsu bajakan untuk aksesoris video game seperti controller/joystick biasanya akan lebih cepat rusak dan dalam menggunakannya tidak senyaman menggunakan yang aslinya. Sedangkan untuk mesin video game refurbish resikonya tergantung keberuntungan kita. Kalau mesin refurbis yang kita beli dulunya rusak parah, maka ada kemungkinan nantinya bisa cepat rusak. Jika membeli mesin videogame refurbish sebaiknya pilih yang ada garansi yang lama tenggat waktunya dan masih menggunakan casing asli bawaan dari pabrik agar lebih terjamin kualitasnya. Memang saat ini belum ada yang berani membajak masin video game terbaru seperti ps3, nintendo wii, xbox 360, ps2, nintendo ds, dsb karena sulit untuk menduplikatnya dan biaya pembuatan clone akan sangat mahal.

Jika membeli game sebaiknya beli yang asli dari pabrik biarpun mahal, karena dengan membeli barang bajakan akan mengurangi cita rasa dan kenikmatan dalam bermain game, menghilangkan rasa seru tukar pinjam game dengan teman, kena dosa, memperkaya panjahat mempermiskin pembuat game aslinya, bikin mesin video game cepat rusak, dan lain-lain. Setelah membeli game asli kita baru berhak membuat atau membeli game kopian/bajakan serta memasukkannya ke dalam memory harddisk di dalam mesin video game kita agar game aslinya tetap awet dan tetap baru di dalam segel plastik bawaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *