Bahaya Makanan dan Minuman dengan Warna Mentereng

Banyak sekali produk makanan dan minuman yang beredar di pasaran memakai pewarna buatan agar memiliki tampilan yang menarik sehingga menggugah nafsu makan dan minum masyarakat. Masalahnya tidak semua pengusaha makanan dan minuman mengikuti kaidah aturan dalam memberi warna palsu. Ada yang over dosis, ada yang sudah kadaluwarsa dan ada pula yang menggunakan bahan pewarna yang bukan buat makanan dan minuman seperti pewarna tekstil, cat, dan bahan kimia berbahaya lain.

Memang agak susah untuk membuktikan suatu makanan memakai pewarna terlarang yang merusak kesehatan atau tidak. Namun setidaknya rasa waspada kita bisa menyelamatkan kesehatan tubuh kita dari bahaya yang tersembunyi di balik makanan dan minuman yang kita konsumsi. Para pengusaha nakal bisa meraup banyak untung dari menggunakan bahan pewarna bukan makanan karena lebih murah daripada pewarna makanan yang aman bagi kesehatan. Kadang mereka juga tidak paham cara penggunaan dan batasan-batasannya sehingga bisa menyebabkan penyakit bagi konsumennya dalam jangka panjang.

Pilih makanan dan minuman dari perusahaan yang sudah terpercaya kualitasnya dan keasliannya. Biasanya mereka punya izin depkes atau badan pengawasan obat dan makanan serta sertifikasi halal dari MUI. Jika terpaksa membeli di luar yang terpercaya maka jika kita lihat warnanya tidak alami dan sangat mencurigakan dan tidak yakin akan kredibilitas pembuatnya sebaiknya jangan dibeli apalagi dikonsumsi. Warna-warna yang kuat, terang atau mentereng harus kita waspadai, apalagi jika membekas sulit hilang jika kena kulit atau pakaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *