Osteoarthritis

Osteoarthritis (OA) adalah penyakit degenerative, yang berarti terjadinya kerusakan pada jaringan tulang khususnya kartilago yang disebabkan karena factor usia. Pasien OA biasanya mengeluh nyeri apada waktu melakukan aktivitas tertentu yang memberikan beban pada sendi yang terkena. Pada derajat yang lebi berat nyeri dirasakan terus menerus sehingga sangat mengganggu mobilitas pasien.

Berdasarkan Patogenesisnya atau cara penyakit tersebut OA dibagi menjadi dua yaitu OA pimer dan OA sekunder . OA primer disebut juga idiopatik yaitu OA yang kausalnya tidak diketahui dan tidak ada hubungannya dengan penyakit sistemik maupun proses perubahan local pada sendi. OA sekunder didasari karena adanya kelainan ndokrin,inflamasi,metabolic,pertumbuhan,herediter,jejas mikro dan makro serta immobilisasi terlalu lama.

 Osteoarthritis

OA

Diagnosis akurat osteoartritis ini diperlukan agar pilihan pengobatan yang tepat dapat dipertimbangkan. Untuk mendiagnosa osteoarthritis, dokter akan membuat penilaian menggunakan:

Riwayat Kesehatan

Riwayat medis Anda akan mencakup informasi tentang kondisi medis masa lalu, alergi, perawatan, dan prosedur operasi serta masalah medis saat ini. Biasanya, pada pertemuan pertama dengan dokter Anda, Anda akan diminta untuk mengisi kuesioner yang luas tentang sejarah medis Anda. Anda juga akan ditanya tentang gejala-gejala yang Anda alami termasuk ketika mereka umumnya terjadi dan apa yang membuat gejala lebih buruk atau lebih baik.

Pemeriksaan fisik
Selama pemeriksaan fisik, dokter akan mengamati untuk melihat tanda dan gejala yang biasanya berhubungan dengan osteoarthritis. Dokter akan mencari:

* Bersama pembengkakan
* Bersama kelembutan (tenderness)
* Penurunan rentang gerak pada sendi
* Kerusakan sendi Terlihat (yakni, pertumbuhan tulang)
* Krepitus
* Pola sendi yang terkena

Studi pencitraan
Sinar-X biasanya digunakan untuk mengkonfirmasi diagnosis dari osteoarthritis. X-ray dapat mengungkapkan osteofit pada pinggir sendi, penyempitan ruang sendi, dan sclerosis tulang subkondral. Subchondral tulang adalah lapisan tulang yang tepat di bawah tulang rawan. Sementara MRI (Magnetic Resonance Imaging) merupakan metode pencitraan lebih sensitif, digunakan lebih jarang dari x-ray karena biaya dan ketersediaan. MRI scan menunjukkan tulang rawan, tulang, dan ligamen.

Laboratorium tes
Tes laboratorium rutin biasanya normal sehingga nilai mereka dalam menyampingkan jenis radang sendi, terutama jenis inflamasi arthritis, atau menetapkan data dasar untuk perawatan pemantauan. Analisis cairan sinovial juga membantu menyingkirkan kondisi lainnya.
American College of Rheumatology Kriteria
American College of Rheumatology telah membentuk kriteria klinis untuk mendiagnosis osteoartritis utama ,dari tangan, pinggul, dan lutu pinggul, dan lutut:

 Osteoarthritis
Osteoartritis Tangan

Nyeri Tangan, sakit, atau kekakuan dan;
* Pembesaran jaringan Hard dua atau lebih dari 10 sendi yang dipilih dan;
* Kurang dari tiga bengkak MCP (metakarpofalangealis) sendi dan;
* Pembesaran jaringan Hard dua atau lebih DIP (distal interphalangeal) sendi atau deformitas dari dua atau lebih dari 10 sendi yang dipilih

10 sendi yang dipilih meliputi:

* Sendi DIP kedua dan ketiga kedua tangan
* PIP kedua dan ketiga (interphalangeal proksimal) sendi kedua tangan
* Pertama CMC (carpometacarpal) sendi kedua tangan
Osteoarthritis dari Hip

* Nyeri pinggul dan;
* Osteofit

* femoralis dan / atau acetabular jelas pada x-ray atau tingkat sedimentasi kurang dari atau sama dengan 20 mm / jam dan;

* Penyempitan ruang Bersama terlihat pada x-ray

Hip rotasi internal kekakuan pagi kurang dari atau sama dengan 15 derajat, di pinggul yang berlangsung kurang dari atau sama dengan satu jam, dan usia 50 tahun atau lebih kriteria tambahan yang berguna untuk mendiagnosis osteoarthritis pinggul.
Osteoartritis lutut

* Lutut nyeri dan;
* Setidaknya tiga dari 6 kriteria berikut: 50 tahun atau lebih tua, kekakuan berlangsung kurang dari 30 menit, krepitasi, nyeri tulang, pembesaran tulang, tak ada kehangatan saat disentuh

Laboratorium temuan yang berguna untuk menilai osteoartritis lutut termasuk tingkat sedimentasi kurang dari 40 mm / jam, faktor rheumatoid kurang dari 1:40, dan pemeriksaan cairan sinovial menunjukkan jelas, cairan kental dengan sel darah putih menghitung kurang dari 2.000 / mm3.

Ini adalah tugas dokter untuk diagnosa tetapi jelas sangat membantu jika pasien mengerti mengapa tes sedang dilakukan dan apa hasil berarti. Jika seorang pasien memahami proses dari gejala awal untuk diagnosis untuk rencana perawatan, pasien kemungkinan akan lebih tunduk dan hasil pengobatan mungkin akan lebih berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *