Jenis-Jenis Program Promosi Potongan Harga

jenis-jenis potongan yang bisa anda berikan kepada calon konsumen anda.
  1. Potongan Kuantitas
    Potongan kuantitas adalah potongan harga yang anda tawarkan kepada calon konsumen agar bersedia membeli dalam jumlah yang lebih besar. Misalnya anda punya usahapembuatan baglog jamur tiram. Kalau pembeli anda membeli baglog anda paling sedikit 10 unit, maka mereka anda beri potongan 5%. Dan kalau pembeliannya kurang dari 10 unit tidak mendapatkan potongan. Ini yang paling umum digunakan.
  2. Potongan Dagang
    Potongan dagang atau disebut potongan fungsional adalah potongan harga yang anda berikan ke pembeli atas pembayaran untuk fungsi-fungsi pemasaran yang mereka lakukan. Jadi gampangnya, potongan dagang ini hanya anda berikan kepada pembeli yang ikut memasarkan produk anda. Masih ingat kan artikel saya tentang 4 jenis pasar? Salah satunya adalah pasar pedagang. Di sini anda berikan potongan dagang, baik pedagang besar maupun pengecer.
  3. Potongan Tunai
    Potongan tunai adalah potongan yang anda berikan kepada customer anda atas pembayaran rekeningnya pada suatu periode, dan mereka melakukan pembayaran tepat pada waktunya. Misalnya anda menawarkan rumah dengan model pembayaran tunai bertahap sebanyak 4 kali. Jika pembeli anda dapat membayar dalam waktu 3 kali dan tepat waktu, mereka berhak mendapat potongan 10%.
  4. Potongan Musiman
    Potongan musiman adalah potongan yang bisa anda berikan kepada konsumen anda yang melakukan pembelian di luar musim tertentu. Misalnya seperti ini, pembeli yang membeli jas hujan pada musim panas, akan memperoleh potongan sebesar 5%,  10%, atau 20%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *