PRINSIP-PRINSIP SEBUAH SISTEM YANG BAIK

Sistem informasi tidak dibuat secara sembarangan. Dalam pembuatannya diperlukan prinsip dan konsep yang matang agar sistem tersebut berjalan sesuai harapan dalam penerapannya. Tidak jarang sebuah sistem informasi tersebut mentah saat diterapkan, karena tidak adanya prinsip yang tepat dalam pembuatan sistem informasi yang baik. Pada postingan kalli ini, saya akan membahas tentang Prinsip sebuah sistem yang baik.

Berikut beberapa Prinsip sebuah sistem yang baik:

1. Ketersediaan, meliputi:
  • Dokumentasi data lengkap, dimana setiap aktifitas bisnis dapat terekam dalam sebuah sistem informasi.
  • Meminimalkan kegagalan sistem, mencegah agar sistem tersebut dapat berjalan sesuai dengan harapan.
2. Keamanan
  • Pemberian password, salah satu bentuk keamanan sebuah sistem, diperlukan security password untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan data.
  • Pposisi komputer yang aman, hal ini lebih mengarah tentang tata letak komputer dan jaringan.
  • Pasang alarm keamanan, untuk mencegah pencurian perangkat keras. Seperti:monitor, cpou, dll.
  • Data control, pemantauan data secara rutin dapat mengurangi resiko masalah keamanan data yang disimpan pada sebuah sistem.
3. Dapat dipelihara
  • Pengukuran kinerja sistem dan peninjauan berkala sistem, dua hal ini saling berhubungan. Karena peninjauan sistem secara rutin dapat digunakan untuk memantau data sekaligus mengukur kinerja sistem yang sedang berjalan. Sehingga manajemen sistem informasi data mengetahui apa yang akan dilakukan terhadap sistem tersebut kedepannya.
4. Integritas
  • Verifikasi data, proses pengecekan data saat data dimasukkan hingga keluar menjadi sebuah informasi. Verifikasi data membutuhkan waktu dan tenaga, yang dilakukan oleh manajemen sistem.
  • Pengecekan data rangkap, untuk mengurangi redundansi data (data rangkap) perlu dilakukan secara bertahap. Bisa juga dikategorikan sebagai data control. Hanya saja hal ini bertujuan untuk memanajemen sistem database.

Sebenarnya masih banyak Prinsip sebuah sistem yang baik dalam pembuatan sistem informasi yang baik. Beberapa poin diatas adalah garis besarnya saja. Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahkan. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *