HAL YANG SEHARUSNYA ADA PADA SISTEM INFORMASI EKSEKUTIF (SIE)

Sistem Informasi Eksekutif adalah sistem yang dibuat hanya untuk para eksekutif. Pada postingan kali ini saya membahas tentang Hal yang semestinya ada pada Sistem Informasi Eksekutif (SIE).
Untuk membuat sebuah SIE yang baik, diperlukan beberapa hal berikut harus ada. Hal yang semestinya ada pada Sistem Informasi Eksekutif (SIE), diantaranya:
1. Pengukur kinerja, Dimana pada SIE terdapat laporan kinerja pegawai maupun perusahaan. Ini penting, guna untuk mempermudah eksekutif memantau kinerja pegawai maupun perusahaan. Tentunya untuk membantu dalam pengambilan keputusan internal perusahaan.
2. Pengukuran kepuasan pelanggan, Selain pengukut kinerja pegawai dan perusahaan, terdapat pula laporan yang digunakan untuk mengukur kinerja kepuasan pelanggan. Misal perusahaan asuransi: dalam SIE harus terdapat jumlah pertambahan jumlah pelanggan, pengurangan jumlah pelanggan dan jumlah pelanggan yang komplain dalam periode waktu tertentu. Hal itu dapat digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan.
3. Fasilitas Drilldown, Ini merupakan fasiltas yang harus ada pada semua SIE. Contoh pada SIE penjualan: pada halaman awal ditampilkan jumlah laba atau rugi. Setelah diklik, akan muncul detail dari laba atau rugi tadi. (pada form awal, muncul jumlah keuntungan. setelah diklik, muncul transaksi dari keuntungan tersebut, dst).
4. Analisis What If, Hal lain yang seharusnya ada pada sebuah SIE, yaitu analisa What if. SIE memberikan alternatif keputusan bagi para eksekutif.
Berikut tadi adalah penjelasan singkat mengenai Hal yang semestinya ada pada Sistem Informasi Eksekutif (SIE). Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon dibenarkan atau ditambahkan. Semoga bermanfaat..
Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *