Dasar – dasar Pemrosesan Komputer

Evolusi Komputer

  • Komputer Besar = Mainframe (perusahaan-perusahaan)
  • Mainframe yang lebih besar adalah supercomputer (perhitungan ilmiah )
  • Era komputer modern = minicomputer(lebih kecil dari mainframe) contoh: IBM AS/400
  • Selanjutnya muncul komputer mikro (microcomputer) dengan cirri khusus mempunyai chip yang disebut microprocessor
  • Dan yang dikenal saat ini adalahdiproduksinya computer personal (PC) yang selain dipakai di perusahaan juga diperuntukan bagi pemakai rumahan
  • Ge nerasi terakhir munculnya laptop, notebook, palmtop dan ipad. Laptop lebih berat dari pada notebook, namun keduanya memiliki dimensi ukuran yang relative kecil. Palmtop lebih ringan lagi, bisa dimuat di saku dan yang lagi update adalah ipad yang berbentuk tablet dan lebih ringan dari notebook.
  • Jenis yang lebih kecil lagi adalah jenis pen computer antara lain PDA.

Arsitektur Komputer

cpu Dasar – dasar Pemrosesan Komputer


CPU = mengubah input menjadi output
Unit pengendali + ALU = Procssor
Penyimpanan primer (primary strorage ) berisi data yang sedang diolah dan program yang sedang bekerja (daftar instruksi yang mengolah data)
Contoh : Ram, Rom, Chace Memory
Penyimpanan Sekunder (secondary strorage) menyediakan tempat menyediakan tempat penyimpanan data dan program saat tidak digunakan.
Contoh : Disket, Hardisk
Program yang disimpan disebut koleksi perangkat lunak (softwere library)
Data yang disimpan disebut Basis Data (database)

Unit Input

  • Keyboard
  • Alat petunjuk (mouse, trackball, touch screen, light pen, unit remoite control)
  • Alat pembaca Optic (OCR=optical character recognition)
  • Alay Pembaca Magnetic (MICR=magnetic ink character recognition)
  • Unit pengenal suara (Speech recognition unit)

Unit Output

  • Layar tampilan atau monitor (display screen)
  • Layar cetakan: Line printer, Character printer, Non-impact Printer, Page Printer
  • Plotter (suara)
  • Microfon (suara)
  • Output grafik

Perangkat lunak
1. Sistem Operasi (Operating System)

  • Menjadwalkan tugas
  • Mengelola sumber daya perangakat keras dan perangkat lunak
  • Menjaga keamanan sistem
  • Membagi pakai sumber daya ( multi-processing dan multi-programming)
  • Menangani intrupsi
  • Menyimpan catatan pemakaian

2. Program Utility
3. Penerjemah Bahasa

  • Bahasa generasi pertama – Bahasa mesin
  • Bahasa generasi kedua – Assembler
  • Bahasa generasi Ketiga – Compiler dan interpreter
  • Bahasa generasi keempat – Bahasa ilmiah. Non-procedural

4. Program Aplikasi (Paket Siap Pakai)

Kemudahan bagi pemakai dalam perangkat lunak

  • Dialog terpadu
  • Menu Mode
  • Model Tanya Jawab
  • Model Template
  • Graphical User Interface (GUI)

Tag: apa itu evolusi komputer , unit output kompute r, unit input komputer , arti perangkat lunak , gambar arsitektur komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *