Perencanaan Bisnis

Merencanakan Bisnis
Bisnis atau sebuah perusahaan adalah suatu badan hukum yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan pelanggan .
Pemegang Kepentingan Utama Dalam Bisnis
Setiap bisnis mengadakan transaksi dengan orang – orang. Orang – orang itu menanggung akibat karena bisnis tersebut karenanya mereka mempunyai kepentingan di dalamnya. Mereka dapat disebut sebagai pemegang kepentingan utama ( stakeholders ) atau orang yang mempunyai kepentingaan dalam bisnis.

Ada lima jenis pemegang kepentingan :

  1. Pemilik
  2. Karyawan
  3. Kreditor
  4. Pemasok
  5. Pelanggan

Pemilik

Orang yang mengorganisasi , mengelola dan mengasumsikan resiko yang dihadapi untuk memulai bisnis, disebut wiraswasta ( entrenreeurs ). Sedangkan pemegang saham dalah investor yang ingin pemilik sebagian dari perusahaan.
Karyawan
Karyawan perusahaan diangkat untuk mengoperasikan perusahaan. Manajer adalah karyawan yang mempunyai tanggung jawab mengelola pekerjaan yang ditugaskan kepada karyawan lain dan membuat keputusan penting perusahaan.
Kreditur
Perusahaan yang memerlukan dana lebih daripada yang didadapat dari pemilik, dapat meminjam dari institusi keuangan atau individu yang disebut kreditur
Pemasok
Perusahaan dalam memproses produksinya memerlikan bahan baku. Yang disediakan oleh pemasok.
Pelanggan
Perusahaan tidak dapat bertahan hidup tanpa pelanggan.. Untuk menarik pelanggan, perusahaan harus memberikan barang atau jasa yang diperlukan dengan harga yang pantas.
Menciptakan Ide Bisnis
Orang akan berniat menciptakan bisnis hanya apabila mereka mengharapkan imbalan untuk usahanya . Imbalan dari memiliki perusahaan dalam berbagai bentuk :

  1. Kesempatan mendapatkan penghasilan besar
  2. Supaya bisa menjadi atasan bagi mereka sendiri
  3. Menyenangi tantangan dan prestise

Pengaruh Teknologi dalam Menciptakan Bisnis

Teknologi didifinisikan sebagai pengetahua atau alat yang digunakan untuk menhasilkan barang dan jasa. Teknologi memberikan kontribusi dalam keberhasilan banyak bisnis dalam tahun terakhir ini. Suatu rangkaiaan teknologi yang penting , Teknologi informasi, penggunaan kompter, pengunaan internet.
Fungsi Utama Bisnis
Lima fungsi yang terlibat dalam operasi suatu bisnis adalah manajemen, pemasaran, keuangan, akutansi dan system informasi . Tanpa adanya lima fungsi tersebut tidak akan ada Bisnis
Manajemen
Sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian , dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efsien.
Pemasaran
Cara bagaimana perusahaan produk / jasa dikembangkan, diberi harga didistribusikan, dan didistribusikan , dan dipromosikan kepada pelanggan
Keuangan
Cara bagaimana perusahaan mendapatkan , menggunakan dana untuk operasi bisnisnya
Akutansi
Ringkasan dari analisis suatu kondisi keuangan perusahaan dan dipakai untuk membuat berbagai keputusan.
Sistem informasi
Termasuk Teknologi informasi masyarakat dengan perusahaan yang berkerjasama untuk memberikan informasi yang cocok untuk karyawan perusahaan , sehingga mereka dapat membuat ketentuan dalam mengembangkan rencana bisnis.
Mengembangkan Rencana bisnis
Sekali wiraswasta menciptakan ide bisnis, mereka memperhatikan bagaimana menerapkan fungsi – fungsi bisnis, untuk membuat bisnis yang berhasil.
Rencana bisnis adalah suatu diskripsi rinci dari suatu usulan bisnis, termasuk didalamnya diskripsi bisnis, jenis pelanggan yang ditarik , persaingan, dan fasilitas yang diperlukan untuk produksi. Rencana bisnis menggambarkan bagaimana fungsi bisnis dianalisakan ke dalam ide bisnis sehingga ide ini dapat dilaksanakan dengan berhasil. Rencana bisnis dikembangkan dengan fokus kepada pemegang kepentingan . Khususnya rencana ini mengutamakan bagaimana ide bisnis akan memanfaatkan karyawan, pemasok dan kreditor dan bagaimana ia akan memuaskan pelanggan dan memiliki bisnis.

Memperkirakan Lingkungan Bisnis

Lingkungan yang memiliki bisnis meliputi lingkungan ekonomi , lingkungan industri, dan lingkungan global
Lingkungan Ekonomi
Diperkirakan untuk menentukan bagaimana permintaan untuk produk mungkin berubah dalam memberikan reaksi kepada kondisi ekonomi.
Lingkungan Industri
Diperkirakan untuk menentukan tingkat persaingan , apakah produk serupadapat dijual dengan harga lebih rendah dengan tetap memberikan keuntungan yang wajar
Lingkungan Global
Diperkirakan untuk menentukan bagaimana permintaan produk mungkin berubah dalam reaksi kepada kondisi global.
Rencana Manajemen
Rencana manajemen termasuk rencana operasional, menitikberatkan pada usulan struktur organisasi, produksi, dan sumber daya manusia dalam perusahaan
Rencana Pemasaran
Rencana pemasaran difokuskan pada target pasar, disamping karakteristik produk, harga, distribusi, dan promosi
Rencana Keuangan
Rencana keuangan harus menjelaskan mengapa bisnis ini layak dan juga harus menunjukan bagaimana bisnis ini akan didanai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *