Dasar Anggaran Perusahaan ( Pendahuluan )

Anggaran Perusahaan (Bussines Budget) adalah suatu pendekatan yang formal dan sistematis daripada pelaksanaan tanggung jawab manajemen di dalam perencanaan, koordinasi dan pengawasan.
Anggaran Perusahaan merupakan salah satu bentuk rencana yang dibuat oleh suatu organisasi/perusahaan untuk merealisasikan tujuannya. Ini merupakan sistem perencanaan dan pengendalian terpadu.

Berbagai faktor dapat mempengaruhi kebijaksanaan manajer dalam perencanaan perusahaan: produk, pasar, kebijaksanan distribusi, rencana produk, dan rencana resource and development, organisasi serta keuangan.
Sehingga anggaran perusahaan  haruslah: realistis, luwes, dan kontinyu. Didalamnya terkandung fixed budget yang meliputi: revenue, cost, expenses (tidak ada revisi periode) dan continous budget, yang melihat dari tiga dimensi waktu: masa lalu, sekarang dan yang akan datang.
 Dasar Anggaran Perusahaan ( Pendahuluan )
Suatu anggaran dapat pula berbentuk anggaran yang komprehensif yang menyangkut semua bidang. Sehingga keseluruhan anggarannya meliputi: prediksi penjualan, anggaran penjualan, anggaran produksi, anggaran bahan mentah, anggaran biaya overhead pabrik, dan anggaran biaya administrasi dan umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *