Apa Itu Akuntansi ….?

Akutansi sering disebut sebagai bahasa bisnis atau akan lebih tepat jika disebut bahasa pengambilan keputusan semakin kita kuasi bahasa ini maka semakin baik pula kita menangani berbagi aspek keuangan dalam kehidupan ini.

Difinisi akutansi

Difinisi akutansi dapat dirumuskan dari dua sudut pandang , yaitu difinisi dari sudut pemakai jasa akutansi, dan dari sudut proses kegiatannya.


Difinisi dari sudut pemakai

Ditinjau dari sudut pemakainya, akutansi dapat didefinisikanm sebagai suatu disiplin yang menyediakan informasi yang diperelukan untuk melaksanakan kegiatan secara efsien dan mengevaluasi kegiatan – kegiatan suatu organisasi”. Informasi yang dihasilkan informasi di perlukan untuk :
  1.  Membuat perencanaan yang efektif,pengawasan dan pengambilan keputusan oleh manajemen; dan
  2.  Pertanggungjawaban organisasi kepada para investor, kreditur, badan pemerintah dan sebagainya.
Dari definisi ini dapat disimpulkan hal – hal sebagi berikut :
  1. Akutansi diselenggarkan dalam suatu organisasi ( biasanya berupa orgaisasi perusahaan ). Informasi akuntan yang dihasilkan adalah informasi tentang organisasi.
  2. Informasi akuntan sangat penting dalam menyelenggarkan kegiatan perusahaan. Informasi ini digunakan dalam pengambilan keputusan intern organisasi ( oleh manajemen yaitu orang yang diberi tugas untuk mempimpin perusahaan ), dan juga untuk pengambilan keputusan oleh puhak ekstren orgaisasi ( oleh investor – yaitu orang – orang yang menanamkan uangnya dalam perusahaan untuk mendapatkan laba: oleh kreditur yaitu orang – orang yang memberi pinjaman kepada perusahaan dan puhak lainnya.
Definisi dari Sudut Proses Kegiatan
Apabila ditinjau dari sudut kegiatannya, akutansi dapat didefisinikan sebagai” Proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan dan penganalisaan data keuangan suatu organisasi”. Definisi ini menunjukan bahwa kegiatan akutansi merupakan tugas yang kompleks dan menyangkut bermacam – macam kegiatan. Pada dasarnya akutansi harus:
  1. Mengidentifikasikan data mana yang berkaitan atau relevan dengan keputusan yang akan diambil.
  2. Memproses atau menganalisis data yang relevan
  3. Mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
Akutansi Dan Tata Buku
Di Indonesia istilah akutansi relative belum lama dikenal, bila dibandingkan dengan istilah tata buku. Sampai dengan akhir tahun 50-an masyarakat hanya mengenal istilah tatabuku yang merupkan warisan dari belanda. Istilah akutansi baru mulai dikenal pada wala 60-an yaitu ketika akutansi yang berasal dari amerika serikat masuk ke Indonesia. Sejak itu orang menganggap bahwa akutansi adalah sistem pembukuan yang berasal dari amerika dan tatabuku adalah sistem model pembukuan belanda. Pengertian semacam itu tidak benar. Tata buku yang telah kenal sejak jama belanda tidak lain adalah bagian dari sistem akutansi belanda. Tata buku sebenarnya merupaka sebagian proses akutansi, khususnya yang berkaitan dengan proses pencatatan . tata buku adalah elemen prosedural dari akutansi, seperti aritmattika adalah elemen prosedural dari matematika
Tag : Apa arti akutansi, apa yang dimaksud akutansi, akutansi adalah tata buku, prosedural dari akutansi, akutansai dan lingkungannya, accountant public, sejarah tatabuku, tatabuku belanda


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *