ROADMAP PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA 2009 – 2014

Pengantar

Menyambut terbentuknya pemerintahan baru dibawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono masa bakti 2009 – 2014 mendatang, segenap pemangku kepentingan yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia – dengan penuh rasa antusias ‐ telah memprakarsai penyusunan “Roadmap Pembangunan Ekonomi Indonesia 2009 – 2014”. Rumusan ini yang merupakan sumbangan pemikiran segenap kalangan dunia usaha di Indonesia yang diharapkan dapat menjadi rujukan perumusan kebijakan pembangunan perekonomian Lima Tahun mendatang.

Penyusunan Roadmap ini dilaksanakan dengan menghimpun berbagai masukan dan aspirasi sekitar 90 asosiasi sektor usaha Nasional, para tokoh pengusaha maupun perwakilan organisasi bisnis negara sahabat yang dikerjakan selama kurang lebih lima bulan lamanya. Masukan‐masukan ini kemudian diolah dan dikaji oleh para pakar ekonomi Indonesia yang memiliki perhatian serta dedikasi yang tinggi demi terwujudnya perekonomian Indonesia yang kokoh dan berdaya saing tinggi di masa depan.

Dengan memperhitungkan berbagai peluang maupun tantangan yang akan dihadapi Indonesia maupun masyarakat dunia dalam jangka panjang, Roadmap Pembangunan Ekonomi 2009 – 2014 bervisikan “Mewujudkan negara maritim yang mampu mengintegrasikan perekonomian domestik menuju negara maju yang berkeadilan”. Visi ini yang dijabarkan dalam 3 misi yaitu: Pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berkelanjutan; perluasan penyerapan tenaga kerja; dan Pengentasan penduduk miskin dan pemerataan pembangunan; yang harus dicapai melalui Lima Sasaran Strategis.

Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah terlibat berkontribusi dalam roadmap ini, khususnya kepada Tim Penyusun Roadmap Pembangunan Ekonomi Indonesia 2009 – 2014, LP3E Kadin Indonesia, para pakar ekonomi dan tokoh pengusaha Nasional yang telah bekerja keras menyelesaikan roadmap ini.

Atas perhatian dan perkenannya kami sampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia

  • Ketua Umum
    Mohamad S. Hidayat
  • Tim Penyusun
    Roadmap Pembangunan Ekonomi Indonesia 2009 – 2014
    Lampiran Keputusan Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Industri Indonesia
  • Nomor: Skep/093/DP/VI/2009
  1. Faisal Basri
  2. T. P. Rachmat
  3. Boenjamin Setiawan
  4. Anies Baswedan Ph.D
  5. Dr. M. Chatib Basri
  6. Firmanzah, Ph.D
  7. DR. Pande Radja Silalahi
  8. Prof. Bustanul Arifin
  9. Dr. Mirza Adityaswara
  10. DR. Fauzi Ichsan
  11. Dr. Purbaya Yudhi Sadewa
  12. Dr. Arianto A. Patunru
  13. Rofikoh Rokhim, Ph.D
  14. David Parsons
  15. DR. Erna Zetha
  16. DR. Yuri Sato

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *