Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak Akuntansi Realisasi Anggaran Pemerintahan

Abstraksi Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi dengan Judul: Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak Akuntansi Realisasi Anggaran Pemerintahan

Aplikasi Perangkat Lunak Realisasi Anggaran Pemerintah Daerah tingkat II merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola data keuangan yang mencakup data transaksi penerimaan kas dan penggeluaran kas hingga menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Dan prinsip yang digunakan dalam pencatatan realisasi anggaran yaitu dengan mengunakan basis kas. Artinya transaksi diakui dan dicatat setelah uang/kas diterima atau dikeluarkan oleh bendahara penerimaan atau bendahara pengeluaran daerah.

Dalam proses pengelolaan data keuangan aplikasi Perangkat Lunak pemerintah daerah tingkat II ini dapat menghasilkan jurnal penerimaan dan pengeluaran kas, buku besar, laporan realisasi anggaran dan Laporan Arus Kas (Cash Flow).
Perancangan aplikasi realisasi anggaran secara garis besar dijelaskan dalam tiga tahap yaitu a).Tahap analisis meliputi Proses Bisnis, analisa kebutuhan sistem, Analisa kebutuhan perangkat lunak, data flow diagram, kamus data, proses spesifikasi dan Entity Relationship Diagram b).Tahap perancangan prosedure, perangkat lunak, perangkat keras, basis data, dan perancangan antar muka program c).Tahap implementasi yaitu tahap penerapan sistem yang telah dibuat sehingga dapat dioperasikan dan digunakan secara optimal dan sesuai dengan kebutuhan.

Dalam pembangunan aplikasi perangkat lunak realisasi anggaran ini, penulis menggunakan database Microsoft SQL Server 2000. sedangkan untuk aplikasinya penulis meggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan Crystal Report 8.5.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *