Hukum Semu Mendel Essay

INTERAKSI ANTARA GEN-GEN

  • Apakah yang dimaksud dengan:
  1. Atavisme
  2. gen komplementer
  3. interaksi gen
  4. Dominansi  
  5. Hipostasi
  6. Inhibitor
  7. Epistasi
  8. Kriptomeri
  9. Gen komplementer
  10. intermedier
  • Seperti diketahui ayam berjengger mawar mempunyai genotip R-pp, ercis rrP-, walnut R-P- dan tunggal rrpp. Tetapkan perbandingan fenotip dari keturunan yang dapat diharapkan dari perkawinan berikut ini: (a) RRPp x rrPp ; (b) rrPP x RrPp ; (c) RrPp x Rrpp ; (d) Rrpp x rrpp.
  • Bagaimanakah genotip dari kedua induknya dalam perkawinan walnut x mawar, apabila dalam keturunan didapatkan perbandingan 3 mawar : 3 walnut : 1 ercis : 1 tunggal?
  • Pada suatu tanaman kacang-kacangan, gen C dan P sangat diperlukan untuk pembentukan bunga ungu. Apabila salah satu dari gen itu atau kedua-duanya absen, bunga akan putih. Bagaimanakah perbandingan fenotip dari keturunan yang dihasilkan dari perkawinan berikut ini: (a) Ccpp x ccPp ; (b) CcPp x Ccpp ; (c) ccpp x CcPp ; (d) CcPp x CcPp?
  • Waktu tanaman kacang-kacangan tersebut diatas yang berbunga ungu dikawinkan dengan yang berbunga putih, dihasilkan 14 ungu : 16 putih. Bagaimanakah kira-kira genotip dari kedua tanaman yang dikawinkan itu?
  • Nilsson-Ehle membuat persilangan antara dua macam tanaman gandum, yang satu mempunyai biji bersekam putih dan yang lain bersekam hitam. Biji-biji dari tanaman F1 mempunyai sekam hitam, sedang F2 nya terdiri 418 hitam, 106 kelabu, 36 putih.
  1. Tetapkan sendiri simbol untuk gen-gennya, kemudian terangkanlah bagaimanakah warna sekam itu diturunkan pada persilangan ini?
  2. Tuliskan genotip dari tanam-tanaman F2 yang menghasilkan biji dengan sekam putih dan yang hitam.
  • Suatu tanaman waktu menyerbuk sendiri menghasilkan keturunan F1 dengan perbandingan fenotip 13 berbuah bulat : 3 berbuah oval. Bagaimanakah perbandingan fenotip dari keturunannya, apabila tanaman yang sama itu di-testcross?
  • Pada jagung alel dominan dari 3 pasang gen memisah bebas, yaitu: Aa, Cc dan Rr, harus hadir dalam genotip agar supaya biji berwarna, jika salah satu dari gen dominan itu tidak ada, biji tak berwarna (artinya putih). Disamping ketiga gen dominan itu masih dikenal sepasang gen lain (ialah P dan p) yang menyebabkan warna lain. Bila gen dominan P yang hadir, biji berwarna ungu. Tetapi bila ada yang hadir alelnya resesif homozigotik (pp), biji berwarna merah. Tanaman AACCRRpp (apa warna bijinya)? Disilangkan dengan tanaman AACCrrPP (apa warna bijinya)? Jika tanaman F1 dibiarkan menyerbuk sendiri, bagaimanakah perbandingan genotip dan fenotip dari tanam-tanaman F2?
  • Seorang penggemar tikus mengawinkan tikus putih dengan tikus hitam dan dalam koleksinya kira-kira separoh dari jumlah tikus berwarna hitam. Orang tidak heran, bahwa ia mendapatkan tikus putih bernoda-noda hitam dari perkawinan tikus putih dan hitam. Ia justru heran sekali bagaimana ia dapat memperoleh tikus hitam dari perkawinan itu. Coba berikan keterangan kepadanya apabila saudara mengetahui bahwa pada tikus gen resesif a memberi warna putih, tetapi jika terdapat bersama-sama dengan C akan timbul warna hitam. Gen S meyebabkan warna polos (tidak bernoda-noda), tetapi jika alelnya resesip berada dalam keadaan homozigotik dan terdapat pada tikus yang akan berwarna hitam, maka tikus itu menjadi putih bernoda-noda hitam.
  • Bisu-tuli sejak lahir pada manusia disebabkan oleh keadaan homozigotik dari salah satu atau kedua gen resesip d dan e. kedua gen dominan D dan E sangat diperlukan agar supaya orang normal.

BISU%2B%2BTULI Hukum Semu Mendel Essay

  • Seorang laki-laki bisu-tuli kawin dengan seorang perempuan bisu-tuli pula. Akhirnya mereka mempunyai 5 orang anak yang semuanya normal. Bagaimankah saudara menerangkannya?
  • Suami istri dari keluarga lain masing-masing normal, tetapi mereka mempunyai 4 orang anak yang semuanya bisu-tuli. Bagaimanakah saudara menerangkan kejadian ini?

  • Suami istri dari keluarga lain masing-masing normal, tetapi mereka mempunyai 4 orang anak normal, tetapi mereka mempunyai 4 orang anak ang semuanya bisu-tuli. Bagaimana saudara menerangkan hal ini ?

  • Disamping ini terdapat diagram /silsilah dari keluarga bisu-tuli, individu-individu yang diarsir adalah bisu-tuli. (a) berapa kemungkinannya akan lahir anak bisu-tuli dari perkawinan II3 x III2 ? (b) dari perkawinan II2 x II3 ?

  • Suatu tanaman dihibrid setelah menyerbuk sendiri menghasilkan keturunan dengan perbandingan fenotip 12:3:1. Bagaimanakah perbandingan fenotip dari keturunannya, apabila tanaman dihibrid itu tadi di testcross?
  • Dari suatu tanaman yang menyerbuk sendiri didapatkan biji-biji yang setelah ditanam menghasilkan sejumlah keturunan yang memperlihatkan perbandingan 9/16 berbunga ungu: 3/16 berbunga biru: 4/16 berbunga putih.
  • Coba terangkanlah kenyataan itu secara genetik.
  • Jika yang berbunga biru homozigotik ternyata berjumlah tanaman, berapakah lalu banyaknya tanaman yang berbunga ungu, biru dan putih masing-masing?
  • Bila tanaman tersebut diatas tidak menyerbuk sendiri melainkan test-cross, bagaimanakah perbandingan fenotip dalam keturunannya?
  • Gen dominan I menghalang-halangi keluarnya warna pada bunga suatu tanaman, sehingga adanya gen tersebut menyebabkan tanaman berbunga putih. R menyebabkan bunga berwarna merah. Sedangkan tanaman yang dobel resesip untuk kedua gen itu akan mempunyai bunga berwarna kuning.
  • Tanaman homozigot berbunga putih dikawinkan dengan tanaman homozigot berbunga merah. Semua tanaman F1 berbunga putih, tetapi F2-nya memperlihatkan perbandingan 3/16 merah: 12/16 putih : 1/16 kuning.
  • Misalkan di antara tanaman berbunga putih dalam keturunan F2 ini terdapat 32 tanaman yang mempunyai genotip IiRR, berapakah lalu banyaknya tanaman yang berbunga merah, kuning dan putih dal;am keturunan F2?

3377625496189195228 7658390907000955728?l=biologigonz.blogspot Hukum Semu Mendel Essay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *