Gen Lethal Essay

  • Pada lalat buah Drosophila, mata bentuk bintang adalah Heterozigotik, yang menunjukkkan ekpresi adanya gen letal.Dua lalat bermata bintang dikawinnkan dan menghasilkan 180 lalat yang hidup. Beberapakah di anatara lalat-lalat ini yang bermata bintang? Tunjukkan diagram perkawinnanya.
  • Seorang pria brakhipalangi kawin dengan wanita normal. Bagaimanakah kemungkinan anak-anak mereka?
  • Anjing meksiko ada yang mempunyai sedikit rambut. Waktu anjing ini di kawinkan dengan anjing normal, maka kurang lebih separoh dari jumlah anak-anaknya berambut sedikit dan separoh lainnya berambut normal. Tetapi waktu dua ekor anjing berambut sedikit dikawinkan, maka 2/3 dari jumlah anaknya berambut sedikit dan yang1/3 berambut normal.coba terangkan kejadian ini.
  • Kelinci Pelger adalah heterozigot Ppdan menderita kelainan pada sel darah putihnya. Kelinci normal adalah PP. Kelinci homozigot resesip pp menderita cacat berat pada tulang kerangkanya dan mati sebelum atau segera setelah lahir. Jika dua ekor kelinci Pelger dikawinkan, bagaimanakah perbandingan fenotip pada kelinci-kelinci F2 yang dewasa?
  • Dari perkawinan-perkawinan berikut ini, manakah yang menguntungkan?
  1. Ayam Creeper x ayam Creeper
  2. ayam Creeper x ayam normal
  • Pada tikus dikenal gen dominan Y yang menyebabkan kulit berwarna kuning, alelnya resesip bila homozigotik menyebabkan kulit berwarna kelabu (nomal). Di samping itu dikenal pula gen dominan T yang menyebabkan barchyuri(ekor pendek), sedang alelnya t menentukan ekor normal bila homozigotik. Embryo yang homozigotik untuk slah satu atau kedua macam gen dominan itu mati sebelum lahir (letal). a) jika dua ekor tikus berkulit kuning, brachyuri dikawinkan bagaimanakah perbandingan fenotip dari keturunannya? b) apabila tikus demikian itu rata-rata melahirkan 8 ekor anak, berapakah kira-kira rata banyak nya anak yang lahir dari perkawinan semacam itu.
  • Multiple telangiectasia ialah suatu penyakit keturunan pada manusia yang ditandai oleh membesarnya pembuluh-pembuluh darah pada bagian muka, hidug, lidah,bibir, sehingga penderita kerapkali mengalami pendarahan hidung. Penderita adalah heterezegotik Mm. genotip MM berakibat letal pada manusia, karena pembuluh-pembuluh darahnya mudah sekali putus. Individu demikian tak lama hidupnya. Suami isteri masing-masing penderita penyakit ini telah memiliki seorang anak yang mendaerita penyakit itu pula. Tak lama lagi mereka akan memiliki anak ke dua. Bagaimanakah kemungkinan anak nomor dua itu nanti akan (a). Normal? (b) menderita penyakit itu pula?
  • Seorang penggemar tikus mengawinkan dua ekor tikus untuk beberapa generasi, tetapi ia selalu mendapatkan anak tikus dengan warna lain di samping anak tikus yang berwarna kuning. Setelah ia menghentikan percobaanya, ia memperoleh 133 ekor tikus kuning dan 68 ekor tikus berwarna lain.Bagaimanakah kemungkinan genotip dari dua ekor tikus yang dikawinkan itu? Coba buatlah diagram perkawinan dua ekor tikus tersebut.
  • Seorang peternak babi seringkali melihat bahwa dua atau tiga ekor anak babi yang lahir menderita penyakit hydrocephaulus, ya itu kepalanya besar disebabkan karena tekanan di dalam rongga-rongga otak terlalu besar. Anak babi demikian itu biasanya mati waktu lahir atau tak lama setelah lahir. Si peternak mencari buku genetika dan setelah membacanya, ia mengetahui bahwa keadaan demikian itu keturunan dan disebabkan oleh gen letal resesip.
  • Dapatkah saudara menolong dia dengan membuatkan rencana kerja untuk mengeliminir gen letal itu dari babi yang dimilikinya?
  • Di halaman kampus Universitas sebelas maret di surakarta terdapat sebuah pohon yang cukup mengherankan dan menarik perhatian. Biji-bijinya jatuh dari pohon itu tumbuh di tanah, tetapi di antara tumbuhan baru ini selalu terdapat sejumlah tanaman yang daunnya putih (tak berklorofil), sehingga tak lama kemudian mati.
  • Dapatkan saudara menerangkan keajaiban tersebut?
  • Apakah ada kemungkinan melalui sesuatu percobaan untuk mendapatkan biji-biji dari pohon itu,yang tidak akan menghasilkan tanaman berdaun putih? Andaikan jawaban saudara ”dapat”, bagaimankah caranya?

3377625496189195228 3722565877930163891?l=biologigonz.blogspot Gen Lethal Essay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *