Memahami Sikap Sosial dalam Bermasyarakat

Mempunyai sikap dan perilaku yang baik, akan mendukung seseorang dapat bersosial dengan baik. Demikian halnya dengan seseorang ketika berhadapan dengan orang banyak pada lingkungan tertentu, dia membutuhkan pegangan-pegangan tertentu untuk dapat berprilaku dan bersosial secara baik. Seperti apakah sikap bermasyarakat itu? Atau seperti apakah sikap sosial itu? Berikut ulasan sederhana mengenai sikap sosial yang diperlukan oleh seseorang agar dapat bemasyarakat dengan baik.

Masalah sikap merupakan masalah yang cukup menarik, terutama bila ditinjau dari segi psikologi. Hal ini disebabkan karena alasan bahwa dengan memahami sikap seseorang pada umumnya, orang akan dapat memahami tingkah lakunya, karena tingkah laku seseorang di latarbelakangi oleh sikapnya.

Selain itu, sikap juga merupakan salah satu aspek perilaku dan unsur kepribadian seseorang. “Sikap hanya akan ada artinya bila ditunjukkan dalam bentuk pernyataan prilaku, baik prilaku lisan maupun prilaku perbuatan

Apa yang dikemukakan di atas dapat dimengerti apabila masalah sikap itu dikaitkan dengan prilaku manusia. Prilaku seseorang akan di latarbelakangi atau diwarnai dengan sikap yang ada padanya. Namun demikian tidak semua ahli sependapat bahwa ada hubungan antara sikap dan prilaku seseorang. Kenyataan ini merupakan hal yang wajar, karena terdapat perbedaan sudut pandang di antara mereka dalam melihat masalah sikap. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Bimo Walgito : “Tidak ada jaminan bila sikap berubah akan mengubah pula prilaku”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *