Penilaian Autentik dalam CTL

Penilaian Autentik dalam Contextual Teaching and Learning

Penilaian Autentik mempunyai beberapa jenis, dan pada umumnya para pendidik mengenali empat jenis penilaian autentik: potofolio, pengukuran kinerja, proyek, dan jawaban tertulis secara lengkap. Secara garis besar, dari keempat jenis penilaian autentik tersebut mempunyai karakteristik lima karakteristik dasar.

5 Karakteristik Dasar Penilaian Autentik

2436082762 c8cc44876a Penilaian Autentik dalam CTL

5 karakteristik dasar penilaian autentik adalah karakter dasar dalam melakukan penilaian secara autentik sebagai bentuk akhir dari metode pembelajaran CTL.

  1. Penilaian dilakukan selama dan sesudah proses pembelajaran berlangsung
  2. Aspek yang diukur adalah keterampilan dan performasi, bukan mengingat fakta apakah peserta didik belajar? Atau apa yang sudah diketahui peserta didik?
  3. Penilaian dilakukan secara berkelanjutan, yaitu dilakukan dalam beberapa tahapan dan periodik, sesuai dengan tahapan waktu dan bahasanya, baik dalam bentuk formatif maupun sumatif.
  4. Penilaian dilakukan secara integral, yaitu menilai berbagai aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik sebagai satu kesatuan utuh.
  5. Hasil penilain digunakan sebagai feedback, yaitu untuk keperluan pengayaan (enrichment) standart minimal telah tercapai atau mengulang (remedial) jika standart minimal belum tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *